Mahasiswa Baru dan Dunia Kampus

Mahasiswa Baru dan Dunia Kampus


Apa sih yang identik dengan mahasiswa baru? Apa yang pertama terpikir dan terbayang setelah mendengar kata mahasiswa baru? Pastinya tidak jauh-jauh dari PKKMB, kakak tingkat, dosen, teman baru, dan lain lain. Mahasiswa baru juga identik dengan semangatnya di awal-awal kuliah. Di artikel ini saya ingin membahas seputar kehidupan mahasiswa baru di dunia kampus atau dunia perkuliahan.
Pertama, mahasiswa baru itu identik dengan datang lebih awal. Ada yang bahkan datang satu jam lebih awal. Hal ini karna para mahasiswa baru sedang dalam masa semangat-semangat nya kuliah. Dan juga tidak ingin memunculkan kesan negatif di mata dosen dan teman-teman karna datang tidak tepat waktu.
Yang kedua adalah catatan. Mahasiswa baru identik dengan rajin mencatat. Mereka selalu mengeluarkan buku catatan saat dosen masuk, dan selalu mencatat poin-poin penting yang dikatakan dosen. Buku dan alat tulis yang masih baru menjadi semangat tersendiri dalam hal mencatat materi kuliah.
Selanjutnya tentang organisasi. Dari awal masuk dunia kampus, mahasiswa baru pasti sudah banyak ditawari berbagai macam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus. Organisasi memang sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru, terutama dalam mengasah soft skill yang dimiliki. Organisasi juga bisa memperluas jaringan pertemanan. Tidak salah bergabung dengan organisasi asalkan bisa menyeimbangkan antara kuliah dan kegiatan organisasi. Organisasi memang nomor satu, tapi kuliah tetap yang utama.
Kemudian tentang seminar. Mahasiswa baru masih bersemangat dalam hal mengikuti seminar. Berbagai brosur seminar yang dibagikan selalu menarik perhatian para mahasiswa baru. Seminar biasanya diadakan di hari libur kuliah. Bagi mahasiswa baru tidak ada hari libur tanpa seminar.
Mahasiswa baru juga belum hafal betul dengan daerah kampus nya. Berbeda dengan saat di SMA yang hanya belajar di kelas itu-itu saja setiap hari. Mahasiswa belajar di ruangan yang berbeda di setiap mata kuliah. Tidak heran masih ada mahasiswa baru yang bertanya-tanya dimana letak ruangan, aula, gedung dan semacamnya. Belum lagi kalau ada keperluan menemui dosen di ruangan tertentu.
Meski tidak ada lagi perpeloncoan atau senioritas. Mahasiswa baru tetap ada yang merasa takut dengan yang namanya senior. Berbeda dengan kakak kelas saat berada di SMA, senior saat kuliah itu selalu identik dengan kata mengerikan saat Ospek. Itulah kenapa mahasiswa baru memilih bersikap sopan dengan senior dan tidak ingin mencari masalah. Sebenarnya itu hanyalah pemikiran para mahasiswa baru. Kalau kamu merasa tidak melakukan kesalahan, kamu tidak perlu takut. Yang penting saling menghormati.
Belum lengkap rasanya tanpa membahas tentang dosen. Dosen dan mahasiswa itu tidak bisa jauh-jauh kalau sudah membahas tentang dunia kampus. Hubungan mereka adalah pengajar dan pendidik. Mahasiswa baru pasti akan menemui berbagai macam tipe dosen saat perkuliahan. Mulai dari yang  ramah dan baik hati, suka melucu, sampai yang disiplin, killer, pelit nilai, dan sebagainya. Untuk menghadapinya, kamu hanya perlu bersikap baik, sopan, dan selalu mengerjakan tugas yang diberikan dosen tepat waktu. Jangan sampai terkena masalah yang akan berimbas pada nilai akademik.
Itulah sedikit cerita seputar mahasiswa baru dan dunia kampus. Hal tersebut lumrah dialami oleh para mahasiswa baru. Yang perlu kita ingat adalah niat kita untuk menuntut ilmu. Jangan hanya bersemangat di awal-awal kuliah saat menjadi mahasiswa baru, tetapi juga semangat sampai akhir kuliah. Kita harus bersyukur karna banyak orang diluar sana yang ingin berada di posisi kita.

Comments

  1. Saya jd kangen kuliah lagi.
    Mampir juga di blog saya almustari Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai terima kasih udah mampir. Tentu saya juga akan mampir:)

      Delete

Post a Comment